ads_hari_koperasi_indonesia_74

Tujuh Cara Selamatkan Garuda Indonesia Dari Kebangkrutan

Tujuh Cara Selamatkan Garuda Indonesia Dari Kebangkrutan

Jakarta, hotfokus.com

Kemerosotan kinerja perusahaan penerbangan PT Garuda Indonesia TBK sebagai salah satu BUMN beberapa tahun terakhir, besarnya beban hutang yang mencapai Rp70 triliun, serta hantaman pandemi Covid 19, perlu dibenahi secara serius. Bukan perkara mudah memang untuk menyelamatkan maskapai pelat merah tersebut, karena sudah sejak lama kondisi keuangan Garuda Indonesia sudah berdarah-darah.

Pengamat Airline Industry yang juga Lulusan California State University Fresno, Hendra Soemanto mengatakan, dengan pengalaman related business yang ia pahami, setidaknya ada tujuh cara agar maskapai Garuda Indonesia bisa kembali berjaya.

“Sejalan dengan visi dan misi Garuda Indonesia dengan pemahaman core business-nya, Garuda Indonesia harus fokus pada posisi pure airline industry seperti maskapai bintang lima lainnya.
Langkah-langkah strategis pembenahan Garuda Indonesia dapat dilakukan dengan bedah operational, conceptual review, dan membangun tata kelola yang transparan dari seluruh jajaran manajemen, dewan komisaris, dan jajaran direksi dengan beberapa strategi pengelolaan organisasi,” ujar Hendra kepada awak media di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Hendra merinci tujuh cara yang bisa dijadikan solusi, yakni pertama, merestrukturisasi organisasi; merampingkan struktur organisasi, biaya, dan mereview aset yang ada. Kedua, mengoptimalisasikan resources yang tersedia yaitu SDM dan aircraft operation, serta tetapkan new role model of organization

“Ketiga yaitu melakukan analisis value chain dan semua kegiatan internal perusahaan dengan tujuan untuk mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu,” ungkapnya.

Langkah selanjutnya yaitu meningkatkan strategi marketing atau promosi, melakukan analisis brand positioning yang diikuti oleh proses review terhadap rute penerbangan dan penetapan harga tiket, melakukan analisis market outlook dan mengambil langkah-langkah strategis yang inovatif, dan terakhir meningkatkan product quality, services, dan safety.

“Strategi pengelolaan organisasi yang saya sebutkan di atas tentunya harus dilakukan oleh people management yang mumpuni, berakhlak, mempunyai integritas tinggi, dan mampu mengedepankan kepentingan untuk memajukan perusahaan tentunya dengan dukungan dari pemerintah dan juga internal stakeholder, yaitu karyawan,” jelasnya.

Kemudian terkait dengan berita adanya penawaran pensiun dini bagi karyawan, menurutnya hal tersebut sangat perlu untuk dikaji ulang, selain cashflow perusahaan sedang tidak baik, sebagai pengusaha menurutnya harus menganggap SDM sebagai capital atau asset. Karena tidaklah mudah untuk mencari dan mencetak resources yang ada di Garuda Indonesia saat ini.

Guarantee Hour Allowance atau biasa yang disebut dengan GHA itu merupakan kewajiban perusahaan untuk menggaransi jam terbang awak pesawat dan awak kabin setiap bulannya, tetapi pada saat perusahaan berhalangan untuk menunaikan kewajiban tersebut karena hal-hal eksternal, seperti contohnya negara-negara destinasi yang lockdown selama pandemi atau kebijakan pemerintah terkait dengan persyaratan dan protokol kesehatan, hal ini menurutnya harus dapat dibicarakan secara serius untuk mencari win-win solution.

“Justru, pada saat ada kebijakan internal perusahaan terkait dengan pemotongan hak karyawan berupa upah atau gaji, itu yang menurut saya tidak boleh dilakukan,” tegasnya.

Hendra menjelaskan, biaya yang diperlukan untuk karyawan setiap bulannya diperkirakan sekitar 5 -9 persen dari total biaya yang harus dikeluarkan. Menurutnya, yang menjadi prioritas manajemen saat ini adalah melakukan restrukturisasi pinjaman dan melakukan negosiasi kepada para lessor terkait dengan jatuh tempo hutang, karena poin tersebut berada dikisaran 27 -30 persen dari total beban perusahaan tiap bulannya.

“Hal inilah yang dilakukan Garuda Indonesia di masa kepemimpinan almarhum Robby Djohan pada masanya, dan begitu juga saat pandemi yang menyebabkan industri penerbangan secara global terpuruk, tentunya proses negosiasi menjadi prioritas utama,” tuturnya.

Diakui olehnya, diperlukan seorang pemimpin yang dapat membangkitkan semangat untuk survive dari masa pandemi ini dengan menimbulkan rasa bangga akan Garuda Indonesia sebagai historical airline dan semangat untuk bersama-sama memberikan yang terbaik. (SNU/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *