ads_hari_koperasi_indonesia_74

KEBAKARAN KILANG MINYAK PERTAMINA TIDAK AKAN MENGGANGGU PASOKAN

KEBAKARAN KILANG MINYAK PERTAMINA TIDAK AKAN MENGGANGGU PASOKAN

Inas N Zubir

Mantan Wakil Ketua Komisi VI DPR-RI

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan berita kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan dan Balongan karena yang terbakar di kilang Balikpapan bukan seluruh kilang-nya melainkan hanya di area cooler box (bak pendingin air) Kilang RU V Balikpapan, sedangkan kebakaran yang terjadi di kilang Balongan bukan seluruh kilang-nya melainkan hanya 1 tangki BBM saja, dan juga sudah berhasil diatasi oleh Pertamina dimana  pasokan BBM ke SPBU sama sekali tidak terganggu  dan jangan mudah percaya keoada hoax yang menyesatkan untuk menciptakan keresahan.

Perlu diketahui bahwa Industri perminyakan seperti Pertamina memiliki rantai pasokan paling kompleks di dunia, diantaranya adalah harga bahan baku yang fluktuatif serta kebutuhan jenis crude yang diproses setiap bulan-nya berubah-ubah sesuai kebutuhan konsumen.

Oleh karena itu, secara kuantitatif setiap perusahaan minyak seperti Pertamina sudah pasti mampu mengoptimalkan jaringan dan mengelola operasi logistik-nya dalam kondisi apapun termasuk kondisi kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan dan Balongan.

Kesiapan Infrastruktur supply chain Pertamina yakni aset dan sistem, dimana diantaranya adalah refinery/kilang, fuel storage/TBBM dan ships, semuanya terpisah dan sangat handal, sehingga apabila refinery terkendala maka tidak akan mempengaruhi stok nasional karena stok nasional bukan berada di refinery atau kilang melainkan  disimpan di fuel storage atau terminal bahan bakar minyak. (•)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *