ads_hari_koperasi_indonesia_74

Pertamina Serahkan 4 Unit Kontainer Sampah untuk Pemkot Palangkaraya

Pertamina Serahkan 4 Unit Kontainer Sampah untuk Pemkot Palangkaraya

Jakarta, hotfokus.com

PT Pertamina (Persero) menyerahkan 4 unit kontainer sampah kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palangkaraya pada Kamis (25/2). Bantuan diserahkan dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2021.

Bantuan diserahkan di halaman Kantor Walikota Palangkaraya yang diserahkan oleh Susanto August Satria, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Kalimantan yang didampingi Operation Head DPPU Tjilik Riwut, Jefmansyah kepada Walikota Palangkaraya, yang diwakili oleh Asisten 1 Bagian Administrasi Umum, Kandarani didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangkaraya, Achmad Zaini.

“Kami dari Pemerintah Kota Palangkaraya mengucapkan syukur, terima kasih atas kontribusi CSR Pertamina untuk Kota Palangkaraya. Kontainer sampah ini akan sangat mempermudah akses masyarakat untuk pembuangan sampah,” kata Asisten 1 Bagian Administrasi Sekretariat Kota Palangkaraya Kandarani.

Selama ini, kata dia, jarak pembuangan dari lokasi masyarakat memang cukup jauh. Pihaknya juga sangat berterima kasih karena kontainer yang diberikan sesuai dengan estetika, kontainer tertutup untuk mengurangi ekses bau saat pengiriman ke TPS.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangkaraya, Achmad Zaini menambahkan bahwa selanjutnya di Kota Palangkaraya memang akan dibuatkan konsep kontainer sampah di depo-depo penampungan.

Selain untuk mempermudah masyarakat, juga akan semakin meningkatkan kualitas kebersihan Kota Palangkaraya. Dimana jumlah sampah per harinya Kota Palangkaraya bisa mencapai 130 ton per hari. Diharapkan dengan adanya bantuan kontainer sampah ini dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah.

“Sampah memang menjadi permasalahan pelik di hampir semua wilayah di Indonesia, namun kita jangan berdiam diri, konsep 3R (reduce, reuse, recycle) akan terus dijalankan oleh Pemkot Palangkaraya dalam pengelolaan sampah,” ungkap Zaini.

Di hadapan jajarannya para eselon III dan IV, Kandarani terlihat sangat berkesan atas apa yang dilakukan oleh Pertamina. “Apa yang dilakukan oleh Pertamina hendaknya diikuti oleh perusahaan lainnya, karena sampah merupakan kontribusi setiap orang sehingga diperlukan upaya bersama dalam pengelolaannya,” jelas Kandarani.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Palangkaraya melalui Kandarani menyerahkan penghargaan dalam Partisipasi Dalam Penyediaan Sarana Pengelolaan Sampah di Kota Palangkaraya Melalui Kegiatan CSR kepada Pertamina.

“Bantuan kontainer sampah ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Pertamina kepada masyarakat sekitar. Selanjutnya diharapkan sampah ini dapat menjadi bahan baku ekonomi melalui pemilahan dan kegiatan bank sampah,” terang Satria.

Melalui program bank sampah yang diinisiasi oleh Pemkot Palangkaraya, diharapkan sampah menjadi bahan baku ekonomi dimana hasil bank sampah dikonversikan untuk membeli kebutuhan dasar energi seperti listik, gas, dan BBM. “Program mengubah sampah plastik menjadi eco-bricks merupakan salah satu program yang akan digalang oleh Pemkot Palangkaraya,” jelas Zaini.

“Pertamina mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemkot Palangkaraya dalam mengelola sampah. Dan kami siap bersinergi dalam program pengelolaan sampah menjadi bahan baku ekonomi yang mendatangkan manfaat,” terang Satria saat meninjau bersama kontainer sampah di halaman Kantor Walikota Palangkaraya.(ERT/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *