ads_hari_koperasi_indonesia_74

Soal Rencana IPO PGE, EWI Minta Pertamina Tidak Terburu-Buru

Soal Rencana IPO PGE, EWI Minta Pertamina Tidak Terburu-Buru

Jakarta, hotfokus.com

Pertamina diminta untuk tidak terburu-buru dan harus melakukan kajian yang komprehensif sebelum memutuskan untuk melakukan Initial Public Offering (IPO) terhadap anak usahanya, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Sebelumnya, dikutip dari ruangenergi.com, Pertamina disebut tengah mempersiapkan rencana IPO PGE tersebut. Penawaran perdana untuk publik itu disebut akan digelar sekitar bulan Juli – Agustus tahun ini.

“IPO ini kan sebuah langkah untuk perusahaan menarik dana untuk pengembangan bisnis perusahaan. Yang penting harus diperhatikan jangan sampai setelah IPO harga saham itu anjlok dan tidak sesuai ekspektasi mendapat dana yang cukup, ternyata malah anjlok dan merugikan,” ujar Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahean kepada Hotfokus.com, Rabu (14/2/2021).

Ferdinand juga mengatakan agar pada proses IPO, dicermati secara seksama supaya tidak ada permainan yang membuat harga sahamnya turun dan diborong oleh pihak tertentu, lalu kemudian dijual kembali ketika harganya naik.

“Jangan sampai Pertamina rugi, IPO tidak sesuai ekspektasi dan yang membeli saham kaya raya setelah harga saham naik. Ini yang harus diperhatikan Pertamina, tidak boleh buru-buru, harus sangat diperhatikan soal itu,” tuturnya.

Sementara itu, jika ditilik untung dan ruginya IPO tersebut, Ferdinand berpendapat bahwa meski Pertamina adalah perusahaan yang menguasai hajat hidup orang banyak, namun demikian bisa saja IPO yang dilakukan terhadap anak usahanya tidak mengganggu ritme Pertamina.

“Kalau di IPO kan menurut saya tidak apa-apa, tidak akan mengganggu bisnis utama Pertamina. Karena PGE ini anak usaha yang bisnis utamanya tidak sama dengan perusahaan induknya yaitu Pertamina,” pungkasnya. (SNU/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *