ads_hari_koperasi_indonesia_74

YLKI : Gratiskan Tol Yang Kena Banjir!

YLKI : Gratiskan Tol Yang Kena Banjir!

Jakarta, hotfokus.com 

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta kepada operator jalan tol untuk menggratiskan pengguna tol yang melintas pada ruas tol yang terkena banjir.

“Seharusnya tol yang banjir itu digratiskan. Tak ada pungutan bagi konsumen. Sungguh anomali dan ironis jika jalan tol banjir tapi operator tol masih mengenakan tarif,” ujar Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, Sabtu (20/2/2021).

Tulus juga meminta agar operator atau pengelola jalan tol memberikan kompensasi kepada pengguna tol yang secara tidak sengaja terjebak banjir di jalan tol, terlebih hal itu membuat kendaraan mereka mengalami kerusakan.

“Bahkan operator tol/pengelola tol seharusnya memberikan kompensasi dan ganti rugi bagi kendaraan pengguna yang mogok dan rusak karena melewati banjirnya jalan tol,” tegasnya.

Tak hanya itu, agar kejadian banjir di jalan bebas hambatan tidak terjadi lagi, pengelola harus melakukan antisipasi melalui perbaikan untuk mencegah banjir.

“Pengelola tol seharusnya juga memperbaiki sistem drainase di sepanjang jalan tol. Sebab banjirnya jalan tol, selain karena curah hujan yang tinggi, juga buruknya sistem drainase di sepangjang jalan tol yang banjir tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, update dari PT Jasa Marga (Persero) menyebutkan, hingga saat ini masih terpantau genangan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 19 arah Jakarta yang diakibatkan oleh air Kali Jambe Bekasi Timur. Untuk mencairkan kepadatan yang terjadi menuju lokasi terdampak genangan, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 21 s.d Km 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 15.00 WIB.

Disebutkan oleh pihak Jasa Marga bahwa saat ini genangan di Km 19 arah Jakarta terpantau berada di Bahu Jalan, Lajur (L) 1 s.d L3, hanya L4 yang dapat dilintasi oleh kendaraan. Sementara untuk Rest Area Km 19 arah Cikampek masih dilakukan penutupan.

“Hingga saat ini, selain melakukan rekayasa lalu lintas contraflow, Jasa Marga juga menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi genangan, memfungsikan pompa yang juga bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) 1 unit dengan kapasitas 500 liter/menit serta membuat tanggul untuk menahan aliran air Kali Jambe,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, Sabtu (20/2/2021).

Sementara itu, untuk ruas jalan tol lainnya, berikut adalah update hingga pukul 15.30 WIB untuk titik genangan di Jalan Tol Jasa Marga Group yang saat ini masih dilakukan penanganan:

JALAN TOL JAKARTA-TANGERANG
– Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1. L2 dan L3 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa.
– Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1. L2 s.d L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.
– Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di terowongan dan dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan dikeluarkan melalui GT Cikupa.

JALAN TOL JAGORAWI
– Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 s.d L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

JALAN TOL DALAM KOTA JAKARTA
– KM 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas. (SNU/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *