ads_hari_koperasi_indonesia_74

Pertamina Salurkan Bantuan Peningkatan Kesehatan di Baru Tengah

Pertamina Salurkan Bantuan Peningkatan Kesehatan di Baru Tengah

Jakarta, hotfokus.com

Bertepatan dengan Peresmian Program Puspaga Harapan V di Kelurahan Baru Tengah, Pertamina RU V Balikpapan menyerahkan sejumlah bantuan, Selasa (16/2/2021).

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Baru Tengah drg Rulida Osma Marisy,  bersamaan dengan peluncuran program Puspaga Harapan V juga dilaksanakan serah terima bantuan dari Pertamina. “Pada hari ini juga dilakukan serah terima bantuan dari Pertamina dalam rangka mendukung pelayanan kesehatan di masyarakat khususnya salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting ataupun balita pendek di wilayah Baru Tengah” ujarnya.

Rulida mengatakan bahwa bantuan yang diterima dari Pertamina berupa paket Konseling Kit menyusui serta sarana pendukung untuk optimalisasi ruang menyusui, pemberian paket Prokes untuk 2 Posyandu, pemberian Paket Makanan Tambahan untuk 23 Bayi/Balita Underweight/Gizi Buruk, pemberian Paket Makanan Tambahan untuk 5 Bumil, pemberian ASI Award serta Paket MPASI, serta pemberian bantuan 70 Kelambu Air.

Dalam kesempatan itu, Rulida juga menjelaskan mengenai program Puspaga Harapan. “Puspaga Harapan merupakan penyedia layanan konseling yang mendukung pengasuhan anak dan remaja dalam keluarga yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Balikpapan”,” paparnya.

Sementara itu Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa program Puspaga bertujuan untuk mendampingi keluarga. “Salah satunya untuk menghindari orang tua salah asuh atau salah mengikuti tumbuh kembang anak.” katanya.

Rizal menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 menyebabkan situasi berubah total. “Harapan kita dimasa pandemi masyarakat siap terhadap berbagai perubahan dalam keluarga, karena situasi berubah total.” katanya.

“Pola asuh anak juga berubah total misalnya dalam hal mendampingi pelajaran anak. Tantangan di masa pandemi tidak hanya terkait kesehatan tetapi juga perilaku sosial, ini mengapa program Puspaga sangat penting,” jelasnya.

Rizal juga menyampaikan harapannya agar program Puspaga mendapat dukungan dari masyarakat serta Puskemas tidak hanya menerima laporan tapi aktif mencari informasi.

Terkait bantuan yang diserahkan oleh Pertamina, Rizal menyampaikan ucapan terima kasih. Dia mengharapkan Pertamina tetap menjadi bagian penting dari perkembangan Kota Balikpapan. “Kita mengharapkan Pertamina dapat menjadi bagian penting dari Balikpapan dan juga peduli terhadap masyarakat di tengah tugasnya menjalankan fungsi yang juga berat mengolah minyak dan gas” katanya.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU V Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan program bantuan ke Posyandu tahun ini dilaksanakan di 3 kelurahan di Balikpapan yaitu Kelurahan Margasari, Kelurahan Baru Ilir dan Kelurahan Baru Tengah.

“Program yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program CSR dibidang kesehatan untuk meningkatan kesehatan di wilayah operasional perusahaan. Semoga program dapat menjadi stimulan pengembangan kesehatan masyarakat.” katanya.

Chandra juga mengharapkan dukungan dari semua pemangku kepentingan terhadap operasional perusahaan “Kami mohon dukungan terhadap operasional perusahaan agar bisa berdampingan dengan kegiatan masyarakat.” tutupnya.(ert/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply