ads_hari_koperasi_indonesia_74

Keluhkan Kebijakan Larangan Masuk Arab Saudi

Keluhkan Kebijakan Larangan Masuk Arab Saudi

Jakarta, hotfokus.com

Pelarangan WNI masuk ke Arab Saudi dipastikan akan memukul industri jasa perjalanan ibadah haji dan umroh di Indonesia. Akibat kebijakan itu aktivitas biro haji, dan umrah praktis terhenti karena pandemi covid-19 sehingga menjadi ancaman yang sangat serius bagi pelaku usaha yang bergerak di sektor ini.

Sekretaris Jenderal Himpunan Penyelenggara Umrah Haji (Himpuh), H. Muhammad Firman Taufik, menjelaskan penutupan akses masuk ke Arab Saudi dinilainya menjadi pukulan berat bagi pelaku usaha penyelenggara perjalanan ibadah Umrah (PPIU).

“Kami sudah lama tutup kantor, karena aktivitas umrah tidak jalan. Kasus per 3 Februari ini, juga tentu berdampak bagi PPIU. Terutama yang sudah mempersiapkan keberangkatan jamaahnya,” kata Firman dalam keterangannya, Rabu (3/2/2021).

Menurut Firman ada tiga golongan yang terdampak langsung dalam penutupan akses masuk Arab Saudi yaitu PPIU yang akan berangkat pada 3 Februari 2021. Kedua, PPIU yang tiba di Arab Saudi, 3 Februari 2021, dan ketiga, PPIU yang jamaahnya sudah ada di Arab Saudi saat ini.

Dari tiga golongan ini dipastikan berimbas kepada kerugian materiil atau biaya. Dampak selanjutnya, kata Firman, animo dan kepercayaan masyarakat akan turun kembali untuk melaksanakan ibadah umroh. Hal ini akan memicu industri jasa perjalanan ibadah umroh dan haji akan mati suri lagi.

“Kapankah penutupan wilayah ini akan berakhir, itu juga kendala tersendiri. Bisa 1 minggu, 2 minggu atau berbulan-bulan. PPUI yang sudah membuat jadwal series sekarang berada di kondisi serba tidak pasti,” tegasnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *