ads_hari_koperasi_indonesia_74

Harga Minyak Melambung Lebih Dari Dua Persen, Menyusul Laporan Stok AS Yang Menipis

Harga Minyak Melambung Lebih Dari Dua Persen, Menyusul Laporan Stok AS Yang Menipis

New York, Hotfokus.com

Harga minyak dunia melambung lebih dari 2 persen pada Senin, menyusul adanya laporan penyusutan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS). Padahal disisi lain, permintaan sedikit meningkat sebagai imbas terjadinya musim dingin dan terjadinya badai salju terburuk yang menghantam Timur Laut AS dalam beberapa tahun.

Minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup melonjak USD1,31 atau 2,4 persen, menjadi USD56,35 per barel, demikian laporan  Reuters,  di New York, Senin (1/2/2021) atau Selasa (2/2/2021) pagi WIB.

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate, melambung USD1,35 atau 2,6 persen, menjadi USD53,55 per barel. Kedua patokan tersebut meroket hampir 8% pada Januari.

Data pemerintah Amerika pekan lalu menunjukkan penarikan 2,3 juta barel dalam stok di Cushing, Oklahoma, pusat pengiriman minyak mentah berjangka. Penurunan mingguan 2,3 juta barel lainnya diperkirakan, tutur analis dan pedagang mengutip laporan Wood Mackenzie.

“Minyak mentah didukung oleh banyak faktor kecil minggu ini – proyeksi penurunan di Cushing, kenaikan tiba-tiba permintaan bahan bakar musim dingin di tengah cuaca yang lebih dingin, dan pembicaraan lebih lanjut di Capitol Hill tentang cek stimulus,” kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC, New York.

Kawasan Timur Laut Amerika dihantam badai salju musim dingin yang kuat, menghunjam daratan luas yang membentang dari Pennsylvania hingga New England dan menyebabkan gangguan yang meluas di New York City dan kota besar lainnya di wilayah tersebut.

Goldman Sachs mengatakan harga minyak bisa naik menjadi USD65 pada Juli, memperkirakan defisit pasar minyak 900.000 barel per hari (bph) pada semester pertama 2021, tingkat yang lebih tinggi dari prediksi sebelumnya sebesar 500.000 bph. (SNU/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply