ads_hari_koperasi_indonesia_74

Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi, Kunci Utama Sandiaga Uno Bangun Ekonomi Kreatif

Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi, Kunci Utama Sandiaga Uno Bangun Ekonomi Kreatif

Jakarta, Hotfokus.com

Sandiaga Salahuddin Uno atau Sandi Uno secara resmi telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), menggantikan Wishnutama Kusubandio yang terkena reshuffle dari Kabinet Indonesia Maju.

Sandiaga diketahui bukanlah sosok yang asing di Indonesia, selain menjadi CEO dari sejumlah grup perusahaan besar, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, hingga ikut bertarung mendampingi Prabowo Subianto, menjadi Cawapres pada Pemilu 2019 lalu.

Dalam memimpin Kemenparekraf, Sandiaga ternyata sudah menyiapkan jurus andalan, yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Ia menyebut, ketiga hal itu diperlukan saat ini, untuk mendongkrak kembali sektor pariwisata yang tengah berusaha bangkit di masa pandemi virus Corona seperti saat ini.

“Pertama, inovasi. Karena kita harus bergerak secara cepat bahwa Presiden dan Bapak Wapres berpesan agar setahun ini harus ada perubahan yang mendasar untuk berbenah pada lima destinasi superprioritas, dari wisata, tarian, infrastruktur dan segala yang berkaitan dari pariwisata ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga, Rabu (23/12/2020).

“Kedua adalah adaptasi. Adaptasi dengan keadaan terkini, yaitu COVID-19. CHSE salah satunya yang harus dipastikan untuk kebangkitan sektor ini.”

“Yang terakhir adalah kolaborasi, kami harus menggandeng semua pihak,” imbuhnya.

Ia menyadari, untuk membangkitkan pariwisata saat pandemi OCVID-19 bukan persoalan gampang. Terlebib dia diminta untuk juga membuka lapangan kerja seluas-luasnya saat banyak pekerjaan di sektor wisata hilang karena wabah COVID-19.

“Ini tugas berat, ribuan pekerja terdampak COVID-19. Kami harus memperdayakan semua sektor untuk membuka lapangan pekerjaan, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya. (SNU/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *