Salurkan Anggaran Rp3,5 Triliun Untuk 63 Ribu Mitra Binaan UMKM, Pertamina Jalankan Amanah UU BUMN

Salurkan Anggaran Rp3,5 Triliun Untuk 63 Ribu Mitra Binaan UMKM, Pertamina Jalankan Amanah UU BUMN

Jakarta, HotFokus.com

Dalam kurun waktu 27 tahun terakhir, atau periode 1993 – 2020, PT Pertamina (Persero) telah melakukan penyaluran anggaran untuk 63 ribu mitra binaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) senilai lebih dari Rp3,5 triliun.

Hal itu disampaikan oleh VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam diskusi daring yang diselenggarakan RuangEnergi, Sabtu (19/9/2020).

“Sejak 1993, Pertamina telah membina lebih dari 63 ribu UMKM. Dengan membina lebih dari 63 ribu UMKM ini, diproyeksikan juga sudah lebih dari 1 juta yang menerima manfaat langsung. Sedangkan dana yang telah disalurkan ini berkisar lebih dari Rp3,5 triliun. Jadi luar biasa sekali apa yang sudah dijalankan Pertamina dan saya yakin ini juga telah dijalankan BUMN-BUMN lain,” ungkap Fajriyah.

Ia mengatakan, pembinaan terhadap mitra UMKM sendiri merupakan amanah dari Undang-Undang (UU) BUMN. Menurut Fajriyah, ada setidaknya 5 tugas yang dibebankan negara untuk perusahaan BUMN, dalam kaitannya untuk mendorong sektor UMKM naik kelas.

“Sesuai dengan tujuannya BUMN, tertera dalam UU BUMN itu tujuannya ada lima, yaitu untuk menggerakkan perekonomian, kemudian juga untuk mencetak keuntungan sebagai sebuah institusi bisnis, berperan juga sebagai public service obligation dan juga perintis kegiatan usaha yang belum bisa dilakukan oleh pihak lainnya. Namun ada satu yang juga penting, bahwa BUMN harus aktif memberikan bimbingan dan bantuan untuk UMKM,” jelasnya.

“Jadi begitu spesialnya UMKM ini untuk bisa masuk didalam goals didalam tujuan UU BUMN. Jadi sebenarnya dari 5 tujuan BUMN itu, 4 poin adalah sebagai penggerak perekonomian. Ini luar biasa sekali peranan BUMN dan salah satu diantaranya tadi adalah soal pembinaan UMKM,” sambungnya.

Fajriyah menambahkan, Pertamina terus berkomitmen mendukung pengembangan UMKM mitra binaan agar tumbuh menjadi pelaku usaha yang tangguh, kuat dan mandiri.

“Melalui program Mitra Binaan Pertamina, UMKM bisa meraih pinjaman modal usaha serta pembinaan usaha. Pengajuan aplikasi untuk menjadi Mitra Binaan Program Kemitraan Pertamina sekarang semakin mudah, cukup mengunjungi website resmi perseroan,” imbunya.

Pertamina, kata Fajriyah, terus mendukung UMKM untuk terus survive di masa pandemi, sekaligus mengembangkan jangkauan pasar. “Kami berharap para pelaku UMKM bisa memanfaatkan peluang yang ada, saat ini sudah ada lebih dari 60 ribuan mitra binaan Pertamina, berarti ini tidak sulit kan untuk jadi mitra binaan Pertamina,” pungkasnya. (SNU/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply