ads_hari_koperasi_indonesia_74

Pengembangan Ekonomi Digital Butuh Kolaborasi

Pengembangan Ekonomi Digital Butuh Kolaborasi

Jakarta, hotfokus.com

Pemerintah perlu membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti swasta, lembaga pendidikan, hingga komunitas untuk perkembangan ekonomi digital Indonesia ke depannya.

Menurut pengamat ekonomi Fithra Faisal, kolaborasi antarlini ini penting bagi pengembangan ekonomi digital di Indonesia, yang saat ini masih kurang terbangun.

“Selama ini, kalau kita bicara kolaborasi, jangankan antarlini, kolaborasi kementerian saja masih kurang dengan ego sektoralnya,” kata Fithra saat dihubungi wartawan, Sabtu.

Dosen Ekonomi Universitas Indonesia ini lalu mencontohkan salah satu pelaku startup lokal di Depok yang telah mampu memberdayakan petani kecil, namun memiliki ruang lingkup terbatas karena tidak adanya kolaborasi dari pemerintah maupun lembaga pendidikan.

“Apabila kolaborasi antarempat lini utama tersebut terbangun dengan baik, bukan tidak mungkin nantinya akan muncul Silicon Valley Indonesia,” katanya.

“Apa yang membuat Silicon Valley di Amerika diminati oleh para investor dan para inovator, karena mereka bukan hanya memiliki infrastruktur saja, tapi mereka memiliki kolaborasi,” tambah dia.

Ditambahkan, Pemerintahan Jokowi pada periode keduanya masih memiliki pekerjaan untuk membangun ekosistem ekonomi digital di Indonesia yang perkembangannya saat ini masih dirasakan masih sporadis.

“Bicara ekosistem, berarti kita bicara SDM, kolaborasi, dan infrastruktur. Kalau kita bicara SDM berarti harus ada investasi yang memadai di sektor hulu, harus ada investasi di kurikulum pendidikan,” tukasnya.

Lebih jauh diketakan, membangun kolaborasi jauh lebih penting daripada sekadar membangun infrastruktur yang pada akhirnya membuat Indonesia terjebak hanya menjadi pasar.

“Oke ada bermunculan inovasi segala macam, tapi tidak ada kolaborasi antarlini. Sehingga kita pada akhirnya terjebak sebagai market saja, sebagai pasar yang besar,” ujar dia.(ert)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *