Bekraf: Hampir 90 Persen, Pelaku Kreatif Masih Butuhkan Bimbingan

Bekraf: Hampir 90 Persen, Pelaku Kreatif Masih Butuhkan Bimbingan

Jakarta, hotfokus.com

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Direkorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri Deputi Pemasaran menggelar Demo Day KATAPEL batch 2 dalam rangka fasilitasi para pelaku kreatif di subsektor Desain Komunikasi Visual, Fotografi, Film dan Animasi, TV, dan Radio untuk komersialisasikan Kekayaan Intelektual / IP (Intellectual Property). Setelah melalui proses seleksi 20 besar, Bekraf menobatkan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), Mintchan, Gugug!, Ghosty’s Comic, Manguni Squad sebagai 5 IP Terbaik pada gelaran Katapel Batch 2 ini.

“Dari hasil survei khusus untuk Bekraf, sebagian besar para pelaku kreatif sebanyak 88,9% masih membutuhkan pembimbingan agar mendaftarkan karya cipta mereka sehingga memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Padahal potensi pengembangan pasar dan pendapatan bisnis bagi pemegang lisensi kekayaan intelektual (IP) ini sangatlah besar. Kami berharap program ini dapat mendorong peningkatan ekspor dan produk domestik bruto ekonomi kreatif melalui penjualan lisensi karya, baik di dalam maupun di luar negeri, di mana sumber daya yang dikomersialisasikan tidak mempunyai kuotasi (unlimited resource)” tutur Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf di Jakarta, 13/05)

5 IP terbaik Katapel Batch 2 akan mendapatkan bimbingan pengembangan produk kreatif selama satu tahun. Mereka juga berkesempatan untuk mengikuti berbagai bertaraf internasional, seperti China Licensing Expo 2019 di Shanghai. Para peserta sebelumnya juga telah dibekali pengetahuan melalui short courseyang menghadirkan para ahli dan mentor. Serta berkesempatan untuk ambil bagian pada Demo Day KATAPEL batch 2 dimana mereka dipertemukan dengan undangan yang terdiri dari Brand Owners, Potential Investors, dan juga License Buyers.(SA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply