ads_hari_koperasi_indonesia_74

Viral Kartu Nikah Beristri 4, Ini Kata Kemendagri

Viral Kartu Nikah Beristri 4, Ini Kata Kemendagri

JAKARTA — Kementerian Agama memastikan kartu nikah berwarna dasar kuning adalah hoax.

“Itu bukan bentuk kartu nikah yang kami keluarkan, itu hoax,” jelas Kasubdit Mutu Sarpras dan Sistem Informasi KUA Anwar Saadi, di Jakarta, Jumat (16/11/18).

Gambar kartu nikah berwarna kuning, dengan kop bertuliskan Kementerian Agama Republik Indonesia diapit gambar Garuda Pancasila di sebelah kiri dan logo Kementerian Agama di sebelah kanan. Terdapat tulisan Kartu Nikah di bawah kop.

Pada kartu tampak terdapat kolom foto untuk pria, chip berwarna cokelat emas, serta kolom tempat-tanggal menikah. Sementara di bagian bawah, yang dianggap bagian belakang kartu, terdapat empat kolom foto untuk istri.

Anwar menjelaskan bentuk kartu nikah yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag, memiliki warna dasar hijau dengan campuran kuning. Bagian atas kartu bertuliskan kop Kementerian Agama.

Di bagian tengah terdapat tiga kotak. Dua kotak di bagian atas untuk foto pasangan pengantin, sementara kotak bagian bawah akan diisi kode batang atau barcode yang jika dipindai akan muncul data-data lengkap tentang peristiwa nikah pemiliknya. Data tersebut tersinkronisasi dengan data pada Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).

“Jadi di kartu tersebut, hanya tersedia kolom foto bagi sepasang pengantin. Satu suami dan satu istri,” tegas Anwar.

Sementara, pada bagian belakang kartu terdapat terjemahan ayat Alquran Surat Ar-Rum : 21. Pada bagian bawah kartu, terdapat cap hologram Menteri Agama Republik Indonesia disertai tahun pembuatan kartu. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *