ads_hari_koperasi_indonesia_74

Begini Kata Jokowi Soal Pemotongan Gaji ASN untuk Pajak

Begini Kata Jokowi Soal Pemotongan Gaji ASN untuk Pajak

PADANG — Presiden Joko Widodo minta agar pemotongan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk zakat tidak dipolemikkan. Alasannya pemotongan gaji itu masih sebatas wacana.

Di lokasi groundbreaking Jalan Tol Padang – Pekanbaru Tahap I (Padang – Sicincin), Jumat (9/2), Presiden Jokowi menjelaskan bahwa, wacana pemotongan gaji ASN untuk zakat belum sama sekali dibicarakan di tingkat kabinet.

“Jadi, dalam rapat KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah), yang kita bicarakan adalah yang berkaitan dengan keuangan syariah, bisnis syariah, dan ekonomi syariah,” ujarnya dalam groundbreaking yang dirangkaikan dengan peresmian Padang Bypass Capacity Expansion Project di Jalan Padang Bypass KM 25, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat.

Dalam rapat, lanjut Jokowi, tak disinggung soal pengumpulan zakat yang dikhususkan melalui pungutan suka rela dari gaji ASN. “Belum ada. Jadi masih wacana, belum ada rapatnya, belum ada rapat terbatasnya, belum ada keputusannya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tidak terburu-buru memberikan penilaian terhadap wacana itu.

“Jangan dipolemikkan. Belum ada keputusan apa-apa kok,” ucapnya.

Secara terpisah Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengakui, bahwa rancangan peraturan tentang zakat masih dalam tahap pembahasan di internal Kementerian Agama, belum melibatkan instansi lain.

“Kami akan mengundang sejumlah ahli, akademisi, termasuk ahli tata negara, serta ulama dan tokoh agama,” kata Lukman, di Jakarta, Kamis (8/2) lalu.

Lukman menjelaskan, Kementerian Agama akan mengadakan kajian atau muzakarah terkait rencana penerbitan regulasi tentang penghimpunan zakat ASN muslim ini.

“Kami akan mengadakan muzakarah secara khusus, agar yang kami rancang bisa dipertanggungjawabkan baik secara hukum agama maupun hukum positif,” terang Menag. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply