ads_hari_koperasi_indonesia_74

DPD Minta Bupati Lebak Blak-blakan Soal Gempa

DPD Minta Bupati Lebak Blak-blakan Soal Gempa

LEBAK — Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis meninjau langsung korban bencana gempa di Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten. Darmayanti Lubis juga menyerahkan bantuan dari hasil penggalangan dana sebagai bentuk kepedulian anggota DPD RI. Selain itu Darmayanti Lubis mengadakan pertemuan dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Rilis Sekretariat Jenderal DPD RI menyebut, saat bertemu dengan Bupati Lebak, Darmayanti mengatakan peninjauan korban gempa tersebut sebagai bentuk pelaksanaan tugas terhadap apa yang terjadi di daerah sebagai bentuk aspirasi untuk dikomunikasikan ke pemerintah pusat. Dirinya menganggap bencana yang terjadi di setiap daerah merupakan bentuk tanggung jawab bersama, termasuk DPD RI.

“Ibu jangan ragu menghubungi kami. Kami akan fasilitasi segala yang diperlukan. Nanti akan saya sampaikan ke Pak OSO (Oesman Sapta Odang, Ketua DPD RI) dan biasanya akan direspon cepat. Ibu bisa menyampaikan aspirasi kepada kami dan kami akan memfasilitasi dan memediasi kepada pusat,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lebak Iti Octavia menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dari Wakil Ketua DPD RI tersebut. Menurutnya kunjungan tersebut dapat membantu meringankan korban bencana gempa. Dirinya menjelaskan bahwa selama dua minggu ini Kabupaten Lebak masih dalam kondisi tanggap darurat. TNI dan Polri juga bekerjasama dalam melakukan evakuasi korban.

Dirinya bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Lebak saat ini melakukan verifikasi atas kerusakan rumah milik warga yang ditimbulkan oleh gempa. Verifikasi tersebut dilakukan untuk menentukan jenis kerusakan yang akan digunakan sebagai dasar dalam pemberian bantuan oleh Pemkab Lebak. Dirinya meminta DPD RI untuk membantu mengawal program pemulihan tempat tinggal dan fasilitas umum yang rusak karena gempa. Iti juga meminta DPD RI untuk membantu membuatkan program penanganan bencana.

“Terima kasih bantuan ibu untuk memfasilitasi dengan pemerintah. Kami mohon kepada ibu terkait mitigasi bencana, karena di daerah kami rawan akan bencana,” ucapnya.

Setelah bertemu dengan Bupati Lebak, Senator asal Sumatera Utara ini langsung melanjutkan ke lokasi terdampak gempa di Kecamatan Lebakgedong. Pada saat mengunjungi korban terdampak gempa, Wakil Ketua DPD RI didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Pemkab Lebak Eka Darmana Putra, Camat Kecamatan Lebakgedong E Wahyudin, dan Kapolsek Lebakgedong M. Chotim.

Saat berkomunikasi dengan Camat Lebakgedong, Darmayanti Lubis mengatakan bahwa DPD RI akan merespon aspirasi masyarakat terkait gempa di Lebak. Dirinya mengatakan DPD RI terbuka atas aspirasi masyarakat korban gempa.

Seperti yang diketahui, gempa bumi yang terjadi tanggal 23 Januari 2018 yang lalu berkekuatan 6,1 SR dengan lokasi 43 Km barat daya Kabupaten Lebak tersebut merusak rumah-rumah warga dan juga fasilitas umum. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply