ads_hari_koperasi_indonesia_74

Naik Motor, Presiden Tinjau Tambak Udang

Naik Motor, Presiden Tinjau Tambak Udang

BEKASI — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai motor trail sejauh sekitar 2 kilometer saat meninjau lokasi tambak udang bandeng di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kab Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11) siang.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat bagi masyarakat penerima program perhutanan sosial di Desa Pantai Bahagia. Setelah itu bertolak ke lokasi tambak yang terletak sekitar dua kilometer dari lokasi pertama dengan mengendari motor trail melalui jalan yang cukup sulit dan berbatu.

Jokowi berpesan agar pembentukan kelompok besar petani dan petambak menggunakan pola-pola korporasi. “Artinya, harus economic scale, harus sekala yang gede sehingga secara hitung-hitungan bank masuk atau bankable,” ujarnya.

Untuk itu, pemerintah akan mengedukasi cara-cara menanam udang secara moderen juga pemberian makan dengan e-fishery atau automatic feeder, yang bisa dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi android. Pemasangan plastik dan kincirnya juga modern.

“Kalau tidak seperti itu ya seperti yang kita dengar tadi di sana, satu hektar hanya menghasilkan 3 kilo, padahal satu hektar harusnya menghasilkan 4 sampai 5 ton-lah,” tuturnya. Kalau sudah 5 ton, lanjut Jokowi, itu berarti benar dan hasilnya akan lebih dapat dirasakan oleh petani.

Pemerintah juga akan mem-backup penyediaan infrastruktur, agar mempermudah distribusi hasil panen karena jalan menuju tambak dapat dilalui mobil. Setelah tambak mudah diakses, maka potensi ekspor pun terbuka.

Kepala Negara menjelaskan, pasar udang terbuka sangat luas. Saat ini Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara pengekspor udang. “Kita bisa jadi nomer satu tapi harus dengan cara-cara modern seperti ini,” tandasnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, dan Wagub Jabar Dedy Mizwar. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *