ads_hari_koperasi_indonesia_74

Menteri PUPR: Seluruh Proyek Infrastruktur Terbuka Untuk Swasta

Menteri PUPR: Seluruh Proyek Infrastruktur Terbuka Untuk Swasta

Jakarta, HotFokus.com

Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali mengajak elemen swasta untuk masuk ke proyek infrastruktur. Dia memastikan, di sektor PUPR, seluruh proyek yang tersedia terbuka pula untuk swasta.

“Dari bandara, jalan tol, bendungan, rumah, irigasi, energi, jadi semua saya kira dan saya berharap ini bisa menjadikan refleksi atau gambaran optimisme bisnis infrastruktur di Indonesia yang makin maju atau minimal bisa masih di atas atau memberikan perspektif yang baik,” kata Basuki di Jakarta, Rabu (13/9).

Ia mengungkapkan, salah satu sektor infrastruktur yang paling diminati swasta saat ini adalah investasi di jalan tol. Ia mengungkapkan, Grup PT Astra Internasional Tbk melalui anak usahanya yaitu Astratel, saat ini telah memiliki hak konsesi jalan tol cukup banyak. Terbaru, grup emiten berkode saham ASII baru saja mengakuisi tol Cipali. Kedepan, proyek-proyek bendungan yang berpotensi untuk dijadikan pembangkit listrik, akan didorong dikerjasamakan dengan pihak swasta.

“Ya nanti ditender PLTA nya, paling tidak Mikro Hydro lah. Saya lupa kalau totalnya (bendungan yang bisa dijadikan PLTA), tapi dari 49 yang mau di bangun, semua ada potensi untuk listriknya walaupun tidak besar-besar karena itu tidak khusus untuk PLTA,” ujarnya.

Basuki optimistis, dengan peran swasta yang semakin banyak di proyek infrastruktur, cita-cita pembangunan dan pemerataan perekonomian bisa segera terwujud. Hal lain yang juga penting, kata dia, adalah perbaikan peringkat investasi dan daya saing infrastruktur Indonesia. (SNU)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply