ads_hari_koperasi_indonesia_74

Usaha Kedai Kopi, Ini Tips dari Presiden

Usaha Kedai Kopi, Ini Tips dari Presiden

Jakarta РIngin usaha kedai kopi laku keras? Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya tips-nya. Keampuhan tips Presiden, dapat dibuktikan pada sajian kopi khas Indonesia kepada para tamu negara selama perayaan Hari Ulang Tahun ke-72 RI di Istana Kepresidenan.

Selasa (15/8) di Istana Negara, Jokowi mengatakan, harga yang kompetitif merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha kedai kopi yang saat ini banyak digeluti anak-anak muda di Indonesia. Selanjutnya rasa yang enak dan pas.

Jokowi juga mengatakan, barista turut memegang peran penting dalam penyajian kopi yang enak.

Masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir menghadapi persaingan usaha minuman kopi. Sebab kata Presiden, Indonesia punya banyak varietas kopi unggul dalam cita rasa. Jokowi menyebut kopi dari Gayo, Kintamani, Jember, Mandailing, dan Wamena.

“Sekarang tinggal tergantung bagaimana mengolah, karena itu jangan jualan kopi mentah lagi,” kata Jokowi.

Pengembangan ekonomi dari komoditas kopi, dinilai Presiden masih berpotensi untuk ditingkatkan, antara lain pelatihan agar barista menjadi lebih profesional.

Mengaku tidak setiap hari minum kopi, tapi Jokowi mengatakan akan terus mempromosikan kopi Indonesia dan komiditas lain.

Terkait rencana menyajikan kopi khas Indonesia kepada para tamu negara, Jokowi mengatakan ingin mengenalkan brand lokal dengan bahan baku kopi seratus persen asal Indonesia.

“Silakan pesan langsung dan bandingkan dengan brand-brand luar,” ujar Presiden Joko Widodo sambil tersenyum. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *